Sabtu, 28 Januari 2012

Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara Dengan Guru BK


Maaf bu, saya siswa kelas x.9 saya ingin menggali beberapa informasi
1.    Maaf bu, saya ingin tahu biodata ibu. Bisakah ibu menjelaskan tentang biodata ibu ke saya? Mohon jelaskan yang sekiranya dapat ibu jelaskan kepada saya.
PENGALAMAN
2.    Sudah berapa lama ibu menjadi guru BK?
3.    Pada saat ibu pertama kali menjabat sebagai seorang guru, adakah rasa grogi yang muncul dari diri ibu?
4.    Apakah menjadi guru bk adalah cita-cita ibu sejak kecil?
5.    Apakah alasan ibu memilih menjadi guru bk?
6.    Apakah pendapat ibu mengenai bimbingan konseling?
7.    Menurut ibu, manfaat bagi siswa dengan adanya bimbingan konseling itu apa bu?
8.    Hal-hal apa saja yang menyenangkan selama ibu menjadi guru BK?
9.    Adakah hal yang kurang menyenangkan yang ibu alami?
10.  Jika ibu berkenan, tolong jelaskan apa hal tersebut.
11.  Menurut ibu, apakah menjadi guru bk merupakan tugas yang cukup berat?
12.  Apa saja tugas seorang guru bk itu?
13.  Menurut ibu, adakah manfaat tersendiri jika menjadi guru bk?
14.  Selama ibu mengampu bimbingan konseling di sman 1 kebumen, adakah kendala yang pernah ibu alami?
15.  Di sma ini apakah setiap harinya banyak siswa yang berbagi pengalaman kepada ibu?
16.  Kira-kira berapa orang? Sebagian besar siswa kelas berapa?
17.  Jenis masalah apa yang sering dihadapi siswa?
18.  Menurut ibu apakah yang menjadi faktor dari masalah tersebut?
19.  Bagaimana cara mengatasinya?
20.  Masalah apakah yang menurut ibu merupakan masalah yang terberat yang pernah disampaikan siswa kepada ibu?
21.  Apakah ibu pernah mengalami kesulitan saat akan membantu mengatasi masalah yang sedang dialami oleh siswa?
MENGAJAR
22.  Sekolah mana sajakah yang pernah ibu ampu dari mulai pertama menjadi guru bk sampai sekarang?
23.  Apakah masalah yang dialami siswa di sekolah yang pernah ibu ampu itu hampir sama atau berbeda-beda?
24.  Kebanyakan itu masalah tentang apa?
25.  Menurut ibu, seberapa pentingkah peran bimbingan konseling bagi siswa?
26.  Bagaimana jika di suatu Sma itu tidak ada bimbingan konseling?
27.  Saya punya pengalaman, beberapa bulan lalu salah seorang teman saya dipanggil ke bk, sebelum ke ruang tersebut, ia merasa deg-degan dan takut kalau-kalau dirinya berbuat salah. Sehingga ia ragu-ragu untuk ke ruang bk, padahal sebenarnya belum tentu setiap siswa yang dipanggil ke ruang bk itu bersalah. Dan hal tersebut bukan hal pertama yang sudah saya alami, sejak smp pun begitu. Setiap kali ada teman saya yang dipanggil ke bk pasti ia memiliki perasaan takut. Nah yang ingin saya tanyakan bagaimana upaya guru bk agar bimbingan konseling ini tidak ditakuti siswa?
  1. Apakah Bimbingan dan Konseling sudah memenuhi fungsi sebagaimana mestinya yang ada pada sekolah ini?
TIPS
29.   Ahir-ahir ini kegiatan dan tugas-tugas di sekolah cukup padat dan hal ini membuat siswa stress. Menurut ibu, bagaimana cara menghilangkan stress ditengah kesibukan siswa saat ini?
30.  Dalam kondisi yang super sibuk ini, siswa pasti akan merasa kelelahan. Nah biasanya akibat kelelahan itu siswa dapat sakit. Menurut ibu, apa tips agar siswa tetap sehat meski dalam kondisi yang super sibuk?
31.  Beberapa masalah yang saya tahu dari teman-teman saya saat ini mereka kesulitan untuk membagi waktu belajar. Saya pun demikian. Saya ingin tahu bagaimana tips membagi waktu agar semua tugas kita terselesaikan?
32.  Apa tips untuk meraih kesuksesan?

 IIt's that I can convey. May be useful :D



8 komentar: